Jumat, 09 Oktober 2015

Ringkasan Sejarah Perkembangan Internet Lengkap

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.Bismillah.untuk memulai blog. saya pilih materi tentang komputer ataupun yang menyangkut Teknologi Informasi dan Komunikasi karena itu adalah materi pelajaran yang paling saya senangi. baiklah disini saya akan membahas tentang Sejarah perkembangan Internet. saya telah menyusun dari berbagai sumber yang ada, lalu saya ringkas agar mudah di mengerti. sebenarnya itu juga karena bagian dari tugas saya.
baiklah silahkan membaca akhi dan ukhti.

SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET

Sejarah Internet dimulai pada tahun 1960-an, yaitu ketika Levi C. Finch dan Robert W. Taylor mulai melakukan penelitian tentang jaringan global dan masalah interoperabilitas. Selanjutnya, beberapa program penelitian mulai dilakukan untuk melihat mekanisme pengaitan jaringan-jaringan yang berbeda secara fisik. Salah satu solusi yang muncul dari penelitian-penelitian tersebut adalah penemuan ARPA atau teknik packet switching. Pada teknik packet switching, data atau file berukuran besar yang akan dikirim melalui jaringan komputer terlebih dahulu dipotong menjadi paket kecil-kecil agar lebih mudah ditangani dan lebih Andal. Peneliti utama dalam pengembangan packet switching ini adalah Donald Davies (NPL), Paul Baran (RAND Corporation), Leonard Kleinrock dan kawan-kawan (MIT) dan UCLA Research Programs.Pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET.Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah­daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan. Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer  dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non­militer seperti,  universitas­universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA .
Sejarah internet juga dimulai dengan komputer pertama berada di university of California Los Angelos, komputer ke dua berada di Stanford Research Institute, komputer ketiga berada di University of California Barbara dan komputer ke empat berada di University Utah. Pada tahun 1971 jumlah komputer yang terhubung ke ARPANET mencapai 14 buah. Pada tahun ini pulalah protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun. Pada tahun 1972 larry Roberts dan Bob Kahn mengenalkan ARPANET pada konferensi ICCC yang diselenggarakan di Washington.Pada tahun 1972 Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Beliaulah yang merancang konversi “user@host.” Pada tahun itu pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA berubah nama menjadi DARPA. Tambahan huruf  ‘D’ berasal dari kata Defence. Pada tahun ini ARPANET melakukan koneksi international yang pertama dengan University College of London dan Royal Establishment di Norwegia.Pada tahun 1978 Unix to Copy Protocol ditemukan di Labolatorium Bell. Program ini berguna untuk melakukan file transfer. Pada tahun 1979 news group yang diberi nama USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya adalah Tom Truscott dan Jim Ellis (kedua mahasiswa di Duke University) dan Steven Bellovin (dari Universitas North Carolina). Pemakai dari seluruh dunia bergabung ke grup diskusi ini membicarakan masalah jaringan, politik, agama dan berbagai topik lainnya.Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan  sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Pada tahun 1982. Saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.  Jaringan dengan  menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai jaringan internet.
Pada tahun 1982Istilah "Internet" pertama kali digunakan, dan TCP/IP diadopsi sebagai protokol universal untuk jaringan tersebut. Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun itu tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet.Pada tahun 1983 ialah John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS) yang berfungsi untuk menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer dan mengusulkan sistem pengamatan berbentuk user@host.cdomain. Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name  System dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988,  Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Pada Tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.  Ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna internet, WWW membuat semua pengguna dapat saling  berbagi bermacam­macam aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi­materi yang tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet meroket.

OK. terima kasih ya, yang sudah menyempatkan diri untuk membaca dan menambah pengetahuannya. salam pendidikan . dan dari penulis memohon kritik yang membangun untuk perbaikan blog menjadi lebih sempurna lagi. SYUKRON AKHI DAN UKHTI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syukron Jazakumullahu khair.

Kami terima saran dan kritiknya.

Review Manajemen Strategi

REVIEW BUKU PENGANTAR PUBLIC RELATIONS: TEORI DAN PRAKTIK (KEITH BUTTERICK) Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Public Relat...